Minggu, 07 Desember 2014

Mau Diet Dengan Gaya Hidup Sehat Ala Jepang

13.52 - By Unknown 0

Anda pasti tahu donk dengan cara atau gaya hidup sehat ala orang jepang? yaps mereka merupakan salah satu negara yang mengutamakan gaya hidup sehat, makanan sehat serta bekerja dengan sehat. Perlu anda ketahui bahwa orang jepang terutama para wanitanya langsing bukan karena menerapkan diet yang super ketat namun cara mereka malah sebaliknya mereka sangat terobsesi terhadap makanan yang tersedia dimana saja. Di jepang banyak tersedia makanan disepanjang jalan baik di toserba maupun di tempat khusus jajanan makanan yang menyediakan beragam makanan lezat. Namun justru para wanita di jepang malah mempunyai postur tubuh yang diidamkan setiap wanita padahal mereka sangat terobsesi dengan makanan.

Mau Diet Dengan Gaya Hidup Sehat Ala Jepang

Mau Diet Dengan Gaya Hidup Sehat Ala Jepang

Nah setelah ditelusuri ternyata menu  makanan sehari-hari mereka hanya terdiri dari ikan, nasi, sayur, kedelai dan buah-buahan. Hidangan rumahan klasik ala jepang terdiri dari ikan pagang, semangkuk nasi, sayur, seporsi sup miso, buah potong sebagai penutup, dan secangkir teh hijau hangat. Rahasia mereka tetap sehat dan tubuh tetap ideal adalah tingkat konsumsi ikan dan kedelai di jepang sangan tinggi dan mereka juga sangat tergila-gila dengan yang namanya sayuran segar. Favorit mereka adalah brokoli, tauge, kol, dan rumput laut yang bergizi tinggi. Nah sedangkan untuk daging termasuk salah satu makanan yang jarang mereka makan kecuali pada akhir pekan ataupun pada acara tertentu dan acara keluarga besar. Orang jepang sangat jarang menyantap makanan cepat saji, susu, mentega, keju, dan pasta kadang-kadang disajikan dirumah namun tidak berlimpah

Cara diet dengan gaya hidup jepang tentu sangat mengasikkan bukan. Mengatur pola makana sangat dianjurkan oleh dokter namun tidak se ekstrim yang kebenyakan dilakukan oleh wanita sekarang. Mari kita telusri bagaimana pola makan orang jepang terutama bagi wanitanya.

Pola makan orang jepang memang sudah diatur semenjak mereka kecil yaitu makan dengan porsi yang sesuai dan tidak berlebihan. Disana ada pribahasanya lho yaitu: 'Hara hachi bunme', yang artinya 'makanlah sampai 80% kenyang saja'. mereka juga makan dengan perlahan-lahan, tidak terburu-buru, karena setiap suap harus dinikmati. Setiap hidangan yang disajikan dalam piring atau mangkuk kecil kas jepang. Nah selain bisa mengurangi besarnya porsi makan, cara ini juga memperindah tampilan hidangan.

Mau Diet Dengan Gaya Hidup Sehat Ala Jepang

Makanan jepang sangat ringan dan biasanya diolah dengan cara dikukus, tumis, rebus, ataupun memanggang diatas wajan yang bergelombang. Nah keuntungannya adalah zat-zat dalam makanan tidak rusak apalagi, jepang juga terkenal dengan makanan mentahnya seperti sashimi. Selain itu, makanan jepang tidak banyak memakai bumbu, krim, ataupun saus. Salah satu tujuan makanan jepang adalah lebih menekankan keindahan alami dan warna anda bisa melihatnya pada makanan sushi khas jepang. Makanan jepang membiarkan cita rasa alami pada makanan keluar daripada menggunakan lemak hewan, mentega, ataupun minyak yang berat. Wanita jepang memasak mengolah makanan dengan sedikit minyak kanola atau dashi (kaldu dari ikan dan tumbuhan laut).

Sama seperti halnya kita sebagai warga indonesia yang mengutamakan menggunakan beras/nasi sebagai makanan pokok mereka. Nah perbedaannya adalah porsi nasi yang mereka sajikan dan sudah menjadi kebiasaan di masa kecil adalah nasi dengan porsi sedang, tidak berlebihan. Dengan makan nasi, mereka bisa menghindari makan terlalu banyak roti atau camilan manis. Pada zaman dahulu kala, orang jepang adalah pemakan nasi merah yang lebih menyehatkan karena tinggi serat yang terkandung didalamnya. Seiring berlalunya waktu, mereka beralih ke nasi putih. Namun tren terkini menunjukkan wanita jepang mulai kembali kepada tren masa dahulu yaitu nasi merah. Hal ini dapat anda jumpai disetiap restoran dan toko-toko bahan makanan di sana semakin mudah untuk dijumpai jika maksud untuk membeli beras merah.

Mau Diet Dengan Gaya Hidup Sehat Ala Jepang

Mau Diet Dengan Gaya Hidup Sehat Ala Jepang


Salah satunya diet alami dengan cara sehat ala jepang adalah orang jepang selalu sarapan dengan porsi yang sesuai sebelum berlanjut ke porsi untuk menu makan siang dan malam. Dan mereka membiasakan diri untuk selalu sarapan tepat pada waktunya dan hal ini memang sudah menjadi kebiasaan mereka yang telah diajarkan dimasa kecil. Orang jepang sangat menghargai makanan mereka maka dengan itu mereka selalu menikmati makanan mereka dan tidak berlebihan ataupun membuang makanan mereka.
Mau Diet Dengan Gaya Hidup Sehat Ala Jepang

Nah untuk yang satu ini ternyata wanita jepang sangat senang mengudap/mengemil tapi dengan cara khusus. Meskipun selalu makan makanan sehat, wanita jepang juga suka ngemil seperti menggemari coklat, pastry, es krim, cracker beras, dan kue kacang merah. Namun, mereka tidak mengudap secara terus menerus. Selain itu, porsinya juga tidak terlalu besar. Kue-kue di jepang kebanyakan memang berukuran kecil dan dikemas satu bungkus persatu kue. Dengan begitu, wanita jepang terbiasa makan satu atau dua kue saja dan menyimpan sisanya untuk dimakan nanti. Mereka juga tidak mengisap rokok bahkan ada aturan tersendiri bagi perokok di tempat umum dan apabila kedapatan maka akan dikenakan denda yang lumaya besar. Bagi yang kesulitan untuk menghentikan candu rokok baca artikel ini : cara berhenti merokok dangan alami.

Untuk masalah diet ternyata wanita jepang tidak senang berdiet melainkan cara pandang mereka terhadap diet berbeda terutama dalam hal makanan, Bukan berarti karena mereka sehari-hari sudah menyehatkan. Mereka tidak mengaitkan makanan dengan masalah tubuh gemuk atau langsing. Sebaliknya, wanita jepang punya hubungan sehat terhadap makanan. Meraka sangat menikmati beragam makanan dan tidak ambil pusing membatasi apa yang boleh dimakan dan tidak, yang menggemukan atau tidak.  Bagi orang jepang memiliki mobil sendiri justru akan menguras biaya yang sangat mahal. Oleh karena itu, mereka lebih senag berjalan kaki dari ke stasiun kereta ataupun menggunakan sepeda ke tempat tujuan mereka. Dengan begitu, kalori mereka selalu terbakar maksimal.

Mau Diet Dengan Gaya Hidup Sehat Ala Jepang. Dilihat dari sejarah mereka dan gaya hidup mereka memang patut untuk anda terapkan, karena dari segi dapt menguntungkan kesehatan anda, juga bisa bermanfaat bagi postur tubuh anda terutama wanita yang mempunyai masalah tubuh. Disiplin dan Aturan makan sudah tertanam bagi masayarakat jepang maka dari itu mereka mudah menerapkannya...Nah bagaimana dengan anda? apakah anda sudah menerapkan makanan sehat dengan porsi yang sehat. Makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang itu kunci dari semua yang didapat pada artikel ini. Semuanya berpulang pada aturan dasar yang sudah diterapkan pada zaman Rasulullah.

Sumber Informasi : http://makananuntukdietsehat.com/cara-diet-ala-perempuan-jepang/

Ricky Riady

Terima kasih sudah membaca artikel saya di 5Caraku.blogspot.com semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk. Follow me @Ricky_Riy
View all posts by admin →

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

0 komentar:

RSS headline updates

© 2014 5Caraku. WP Theme-junkie converted by Bloggertheme9
Powered by Blogger.
back to top